BI Bantu Dorong Kemandirian Pesantren

Balikpapan, Idola 96,2 FM – Bank Indonesia serahkan bantuan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) senilai Rp 1,225 milyar kepada sejumlah Pondok Pesantren, Langgar dan Masyarakat Ekonomi Syariah yang ada di Kota Balikpapan. Pemberian bantuan ini sebagai bagian dari tanggung jawab BI untuk pemberdayaan dan kemandirian pesantren, pendidikan dan filantropi, sekaligus dalam rangkaian Festival Ekonomi Syariah (FESyar) Kawasan Timur Indonesia tahun 2018 di Balikpapan.

Penyerahan bantuan secara simbolis dilakukan di Pondok Pesantren Hidayatullah, Gunung Tembak Balikpapan, yang diberikan langsung oleh Deputi Gubernur BI, Dody Budi Waluyo, Sabtu (3/11/2018).

Bantuan diserahkan kepada Perwakilan Ponpes Hidayatullah, Ponpes Modern Assyifa, Ponpes Al Islami Syekh Arsyad Al Banjari, Ponpes Husna, Ponpes Darussyafa’ah, Ponpes Al Mutaqien, Langgar Al Kautsar, dan Masyarakat Ekonomi Syariah.

Deputi Gubernur Bank Indonesia, Dody Budi Waluyo mengatakan Program Sosial Bank Indonesia atau PSBI merupakan bentuk kepedulian atau empati sosial Bank Indonesia untuk berkontribusi dalam perkembangan membantu memecahkan berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat.

“Bentuk bantuannya beragam, salah satunya adalah pendidikan,” ungkapnya.

Menurutnya, pendidikan merupakan salah satu faktor untuk kemajuan bangsa. Doddy Budi Waluyo menambahkan , masalah dinegara ini adalah soal sumber daya manusia dan tingkat pendidikan yang masih rendah dibanding negara-negara lain.

“Disinilah kemudian BI berkomitmen untuk meningkatkan kependidikan bangsa,” imbuhnya.

Bantuan yang diberikan berupa sarana dan prasarana pendidikan yaitu komputer, buku ekonomi syariah dan meja belajar.

“Satu prasyarat negara maju adalah masyarakatnya adaptif dengan tekhnologi,” ujar Deputi Gubernur BI, Dody Budi Waluyo.

Selain itu juga diberikan bantuan dalam rangka peningkatan kemandirian pesantren melalui renovasi sarana pendukung pesantren yaitu depo air minum dan penyerahan mesin bubut untuk menunjang hasil karya pesantren. Selain itu, juga diberikan bantuan untuk perbaikan sarana ibadah sebagai filantropi Bank Indonesia.

“Dengan bantuan ini diharapkan dapat mendukung proses belajar mengajar dan aktivitas di pondok pesantren yang nantinya akan berujung kepada kontribusi yang semakin besar untuk kemaslahatan umat,” harapnya.

Sementara itu di tempat yang sama, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan, Suharman Tabrani mengatakan PSBI ini tidak hanya dilakukan di Balikpapan namun sudah dilakuian oleh Bank Indonesia diseluruh nusantara melalui kantor perwakilan BI yang ada di 46 kota di Indonesia. (daus)