Kanwil DJP Kaltimtara Edukasi Pelajar Soal Pajak

Balikpapan, Idola 96,2 FM – Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sangat bergantung pada sektor perpajakan. Sekira 75% sumber pendapatan APBN berasal dari sektor pajak namun kesadaran masyarakat tentang pajak masih rendah.

Sebab itu, sejumlah langkah mesti ditempuh supaya kesadaran pajak meningkat. Direktorat Jenderal Pajak (DJP) menyadari pentingnya kesadaran pajak harus ditanamkan sejak dini. Oleh karena itu, DJP memiliki program bernama Pajak Bertutur, yang merupakan salah satu bentuk kampanye program edukasi kesadaran pajak. Program Pajak Bertutur untuk tahun ini bertajuk ‘Pahlawan Masa Kini’.

Di Balikpapan sendiri, Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kalimantan Timur dan Utara (Kaltimtara) menggelar kegiatan Pajak Bertutur di SMA Negeri 5, Jalan Abdi Praja Blok F-1 No.119, Sepinggan, Balikpapan. Sebanyak 330 siswa siswi dan guru-guru ikut meramaikan acara ini.

Kepala Kanwil DJP Kaltimtara, Samon Jaya menyampaikan bahwa seluruh unit DJP menyelenggarakan Pajak Bertutur secara serentak, pada hari ini Jum’at (09/11/2018), tak terkecuali Kanwil Ditjen Pajak Kaltimtara.

Samon Jaya dalam paparannya mengatakan pajak adalah tulang punggung pembangunan negara.

“Pajak juga merupakan salah satu sumber pendapatan negara akan digunakan untuk membiayai pengeluaran rutin dan pembangunan sebagaimana tertuang dalam APBN,” jelas Samon.

Samon menambahkan pemerintah juga memberikan subsidi untuk sektor-sektor tertentu yang mempengaruhi hajat hidup orang banyak.

“Begitu banyak manfaat dari pajak yang dapat kita nikmati bersama,” imbuhnya.

Ditempat yang sama, Kepala Bidang P2Humas Kanwil DJP Kaltimra, Emri Mora, berharap diadakannya kegiatan ini dapat semakin memberikan pemahaman (awareness) tentang pajak dan program inklusi kesadaran pajak kepada masyarakat.

Sementara itu Kepala Sekolah SMAN 5 Balikpapan Dra. Ririen Friedayati menyambut baik acara ini.

“Semoga acara ini dapat bermanfaat bagi kita semua,” tutur Ririen. (daus)