Posko Tanggap Darurat Gempa Palu-Donggala di Bandara SAMS Sepinggan Resmi Ditutup

Balikpapan, Idola 96,2 FM – Posko Tanggap Darurat Gempa yang dilaksanakan sejak 1 Oktober 2018 yang lalu di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan telah resmi ditutup, Jum’at (12/10/2018).

General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Balikpapan, Farid Indra Nugraha mengatakan selama dibentuk Posko Tanggap Darurat tidak menemukan sesuatu hal yang mengganggu pelaksanaannya. Menurutnya hal ini tidak lepas dari peran semua pihak yang telah terlibat.

“Kami sebagai pengelola Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan sangat bersyukur atas penanganan posko ini berjalan dengan baik dan saya mengapresiasi kinerja petugas yang diturunkan dalam Posko Tanggap Darurat Gempa di SAMS Sepinggan Balikpapan,” ungkap Farid.

Selain itu pihak maskapai di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan juga memberikan bantuan tiket yang relatif murah kepada pengungsi.

Menurut data pengungsi yang dihimpun dari Posko Tanggap Darurat, tercatat 2.244 pengungsi korban Gempa Palu yang diberangkatkan melalui bandara SAMS Sepinggan ke tujuan akhir masing-masing.

Untuk bantuan donasi korban gempa yang terkumpul dari 1 Oktober hingga 12 Oktober 2018 sebanyak Rp 142.504.000,- dan sudah tersalurkan sebesar Rp 79.027.500,-.

“Sisa bantuan tersebut akan kembali kita salurkan melalui pesawat bantuan yang terbang setiap hari ke Palu,” tambahnya.

Meski Posko Tanggap Darurat resmi ditutup, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan tetap memberi akses Posko Bantuan di Hanggar C dan D yang di khususkan untuk menerima serta menyaluran bantuan.

“Silahkan bagi masyarakat yang ingin membantu, kami sediakan tempat disana,” tambah Farid. (daus)